var id = "85cf57a323b28a34b242abf5fa2ab6d6d7a04760"; class="post-template-default single single-post postid-70 single-format-standard no-slider content-r" layout='2'>

4 Manfaat Penting Vitamin K Bagi Tubuh dan Jenis-jenisnya

            Tubuh manusia membutuhkan banyak sekali asupan, salah satunya adalah vitamin. Tubuh membutuhkan berbagai macam vitamin misalnya seperti vitamin A,B, C, D,K dan E. Vitamin K adalah salah satu vitamin yang juga dibutuhkan oleh tubuh. Memenuhi kebutuhan vitamin K memberikan banyak sekali manfaat tetapi masih jarang diketahui. Apa saja? Simak penjelasannya di bawah ini.

aplikasi obat aps

1. Membantu Kerja Kalsium, Vitamin D dan Magnesium

            Manfaat vitamin K yakni untuk membantu kerja kalsium, magnesium dan vitamin D. Tidak hanya itu, vitamin K juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang. Apabila kekurangan vitamin K, seseorang bisa memiliki risiko osteoporosis dan patah tulang yang meningkat. Dengan mendapatkan nutrisi berupa vitamin K, maka risiko ini bisa diturunkan.

2. Pembekuan Darah

            Vitamin K memiliki peran penting untuk tubuh, membantu pembekuan darah adalah manfaat yang utama. Karena alasan ini juga mengapa bayi-bayi yang baru saja lahir mendapatkan suntikan vitamin K. Hal ini dilakukan sebagai upaya pencegahan untuk mencegah perdarahan khususnya perdarahan pada bagian kepada yang bisa mengancam jiwa dari bayi yang baru lahir.

3. Bagus Untuk Kesehatan Jantung           

            Kesehatan jantung juga bisa dijaga dengan mendapatkan nutrisi dari vitamin K. Cara kerjanya yaitu dengan mencegah pembentukan endapan kalsium pada pembuluh darah jantung. Salah satu faktor yang bisa menjadi penyebab penyakit jantung yaitu adanya endapan kalsium pada pembuluh darah koroner jantung.

4. Mengurangi Risiko Kanker dan Diabetes

            Berdasarkan hasil penelitian, asupan vitamin K yang tercukupi akan menurunkan risiko terjadinya kanker. Tidak hanya itu, vitamin K juga bermanfaat untuk menjaga keseimbangan insuli di dalam tubuh seseorang. Berdasarkan data dari penelitian, perbaikan resisten insulin dialami oleh partisipan yang mengonsumsi suplemen K1. Dengan meningkatkan asupan vitamin K1, upaya ini juga bisa mencegah terjadinya diabetes.

Jenis-jenis Vitamin K

            Vitamin K memiliki beberapa tipe : vitamin K1 (filokuinon) dan K2 (menakuinon) adalah yang sudah banyak dikenal. Untuk mendapatkan nutrisi vitamin K1, kamu bisa mengonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran. Sedangkan untuk mendapatkan nutrisi dari vitamin K2, kamu bisa mengonsumsi produk hewani serta makanan yang sudah melalui proses fermentasi dan bakteri pada usus manusia juga bisa menghasilkan vitamin K2.

Berikut adalah sumber Vitamin K :

Urutan di bawah ini berdasarkan urutan yang paling tinggi (berdasarkan 150 gram sayuran) :

1. Kale: 1062 mikgrogram

2. Bayam: 889 mikrogram

3. Lobak: 529 mikrogram

4. Brokoli: 220 mikrogram

Di bawah ini makanan yang mengandung vitamin K2 dengan urutan paling tinggi (100 gram dari bahan makanan)

1. Natto (makanan fermentasi khas Jepang): 1062 mikrogram

2. Keju: 76 mikrogram

3. Ayam (dada/paha): 60 mikrogram

4. Kuning telur: 32 mikrogram

Perbedaan Vitamin K1 dan Vitamin K2

Penyerapan vitamin K2 lebih baik daripada vitamin K1 meskipun vitamin K1 lebih mudah ditemukan pada makanan yang biasa dikonsumsi sehari-hari, misalnya bayam. Vitamin K2 bisa diserap lebih baik karena mendapatkan bantuan dari sumber makanan hewani dan vitamin ini termasuk yang larut lemak. Sedangkan sebaliknya, vitamin K1 hanya bisa diserap sebanyak 10 persen.

            Vitamin K2 memiliki rantai yang lebih panjang sehingga bisa bertahan dalam waktu beberapa hari. Sedangkan vitamin K1 hanya bisa bertahan selama beberapa jam di dalam darah. Kerja vitamin K2 lebih efektif daripada vitamin K1. Sehingga penting untuk memperhatikan asupan vitamin K di dalam tubuh. Kunjungi aplikasi obat aps untuk mendapatkan informasi seputar obat dan vitamin. Jika diperlukan, sebelumnya kamu bisa berkonsultasi dengan dokter yang ada di Klikdokter.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>